Dinas PUPR Konawe Utara Komitmen Wujudkan Pemerataan Pembangunan

Dinas PUPR Konut - Ujung Lasandara

KONAWEUTARA – Pemeritah Kabupaten (Pemkab) melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Penataan Ruang (PUPR) Konawe Utara (Konut) terus berkomitmen mewujudkan pembangunan infrastruktur daerah yang handal. Dengan fokus  mengurangi tingkat kerusakan jalan kabupaten.

Plt Kepala Dinas PUPR Konut, Ujung Lasandara mengatakan, 2023 menjadi kesempatan bagi pihaknya mengatasi keluhan masyarakat terkait jalan rusak,  mulai peningkatan infrastruktur jalan dibeberapa kecamatan dan beberapa jalan penghubung di konut

“Karena melihat masih ada jalan  maupun keluhan masyarakat mengenai kondisi jalan yang rusak, jadi Pemkab Konut melalui PUPR terus berkomitmen  mewujudkan  pemerataan pembangunan” kata  Ujung Lasandara.

Ujung menyebut,  perbaikan jalan merupakan upaya pemkab konut tidak hanya  memperlancar konektivitas masyarakat, tetapi juga dalam rangka mewujudkan pemerataan ekonomi.

“Jalan yang menghubungkan beberapa kecamatan dan desa bertujuan untuk memudahkan akses bilitas warga, baik aktivitas sehari-hari maupun kegiatan ekonomi,’kata Ujung.

Lanjut Ujung, Jalur yang membuka akses menuju beberapa wilayah wilayah  akan juga telah dikerjakan pembangunan penahan jalan yang bersumber dari dari APBD 2023. Disamping mampu menjadi sarana pengungkit ekonomi, jalur tersebut juga bisa menjadi akses pariwisata.

Selain fokus mengurangi tingkat kerusakan jalan kabupaten,  Dinas PUPR juga juga fokus pada program pencegahan bencana banjir, yakni menggenjot  pembangunan drainase atau saluran air pembuangan untuk mengantisifasi terjadinyan genangan air yang menyebabkan bencana  banjir

Menurut Ujung, sebagian besar saluran mengalami pendangkalan akibat banyaknya endapan material serta adanya sampah. Sehingga saat musim hujan mengalami luberan disaluran tersebut yang mengakibatkan genangan atau banjir disekitar saluran.

“Antisipasi terjadinya banjir menjadi salah salah satu prioritas pembangunan di Konawe Utara sehingga kami terus melakukan penataan drainase dibeberapa wilayah yang tersebar di Konawe Utara.

“Tujuannya untuk memperlancar saluran irigasi dan mencegah terjadinya genangan. program ini diprioritaskan pada saluran yang tingkat sedimentasi tinggi,” Ujar mantan Kadisporapar Kabupaten Konawe ini.

Dengan ditingkatkannya jalan serta drainase tersebut, papar Ujung diharapkan memberi dampak peningkatan ekonomi masyarakat Berdasarkan visi-misi Bupati Ruksamin dan Wakil Bupati Abuhaera terkait pemertaan infrastruktu dasar utama jalan dan jembatan yang ada di wilayah Kabupaten Konawe Utara.

Sumber:

Dinas PUPR Konawe Utara Komitmen Wujudkan Pemerataan Pembangunan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *